Mendeteksi Kerusakan Kerusakan pada Hard disk


Hard disk (HDD) merupakan salah satu komponen utama dalam komputer / PC yang berfungsi sebagai tempat penyimpanan file, baik file data maupun system.

Teknologi hdd lama masih menggunakan kepingan baja nikelin (anti karat) bermagnet, berbentuk kepingan bundar layaknya kepingan CD, hanya saja lebih tebal & berat.

Untuk teknologi terbaru, sudah tidak lagi menggunakan kepingan baja ini, melainkan menggunakan Microchip layaknya flash disk yang disebut Solid state drive atau SSD. (http://id.wikipedia.org/wiki/Solid_state_drive)

OK, sekarang ke pokok pembahasan, kita telusuri penyebab - penyebab utama kerusakan pada hdd dan akibat yang terjadi karena hal tersebut.


1. HDD tergores : disebabkan karena sering terkena imbas LAMPU PADAM MENDADAK atau MEMATIKAN PC / LAPTOP SECARA PAKSA dengan menekan lama tombol power, hal ini menyebabkan head yang sedang membaca bagian piringan hdd down dan menggores body hdd.

Akibatnya :
HDD susah dibaca (adanya bad sector), PC sukar bahkan tidak bisa booting.
Jika bisa masuk ke menu windows dan bisa membuka Explorer, PC / Laptop akan HANG saat membuka bagian drive yang mengalami bad sector / tergores tadi.
Tidak terdeteksi saat proses BIOS POST (jika sudah parah kerusakannya)

Penanganan & Pencegahan :
Untuk mengatasi hal diatas, disarankan menggunakan UPS yag dapat menyimpan daya listrik beberapa menit, sehingga saat lampu padam, masih ada kesempatan untuk mematikan PC secara benar dan aman.

Jangan pula membiasakan mematikan PC / Laptop secara paksa dengan menekan lama tombol power (kecuali bila terpaksa). Jika ada kendala aat mematikan PC, segera tangani hl tersebut sebelum mengimbas ke hdd.


2. HDD mati/terbakar : disebabkan karena overload muatan listrik / daya yang masuk ke hdd melebihi daya yang dibutuhkan.

Akibatnya :
Kalo yang ini mah jelas, PC g bisa nyala karena g nemuin system operasi saat bios post karena hdd wasalam .

Penanganan & Pencegahan :
Gunakan pengaman arus litrik semacam stabilisator atau UPS sehingga lonjakan arus listrik dapat diredam. Gunakan power supplay yang bagus


3. Bad sector karena proses gagal copy : disebabkan kegagalan saat meng-copy dari sebuah storage device (misal cd), hal ini lama - lama dapat menyebabkan bad sector karena head mencoba menulis berulang kali pada track hdd yang sama.

Penanganan & Pencegahan :
Buang saja CD bermasalahnya


Sumber : TTK
Share this article :
 

1 komentar:

Setitik komentar anda membuat kami semakin bersemangat untuk mengupdate Info-Info lainnya

 
Copyright © 2012. Info Masuk - All Rights Reserved
Template By : Johny Template
Proudly powered by Blogger